Selasa, 29 Maret 2016

Mendengarkan Adzan Sambil Berdiri

Tanya:
Pada waktu shalat Jum’at, saya sering melihat jamaah yang datang ke masjid pada saat adzan dikumandangkan, kemudian mereka mendengarkan adzan sambil berdiri. Mengapa jamaah Jum’at tersebut melakukan hal yang demikian? Mohon penjelasannya.
 

[Dede Amung – via surel]
 
Jawab:
Sebenarnya yang Anda lihat adalah jamaah yang sedang menunggu adzan sebelum melaksanakan shalat sunnah Tahiyyatul Masjid dua rakaat. Seorang yang hendak melaksanakan shalat sunnah Tahiyyatul Mmasjid memang hendaknya tidak duduk terlebih dahulu hingga selesai mengerjakan shalat dua raka'at.

Seperti yang diceritakan dalam sebuah riwayat. Disebutkan bahwa Abu Qatadah masuk ke dalam masjid dan menjumpai Nabi saw sedang duduk dengan para sahabatnya. Rasulullah berkata kepadanya, "Apa yang menyebabkan kamu tidak melakukan shalat [sunnah dua raka'at]?" Abu Qatadah menjawab, "[Sebab] aku melihat Anda sedang duduk, begitu juga dengan orang-orang." Rasulullah saw bersabda: "Jika salah seorang dari kalian masuk ke dalam masjid, hendaklah tidak duduk terlebih dahulu sampai dia mengerjakan shalat dua raka'at." [Diriwayatkan oleh Muslim di dalam Al-Shahih no. 714].

[A.Wahib Mu’thiDewan Pakar Pusat Studi Al-Qur’an]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cobalah Tengok

Dartar Isi