Senin, 28 Maret 2016

Jawaban Lengkap Quraish Shihab: Ruh Orang yang Baru Meninggal

Tanya:
Apakah betul bahwa ruh orang yang baru meninggal akan berada di rumahnya selama empat puluh hari, dan ruh tersebut dapat melihat keluarganya yang masih hidup? Apakah betul membaca al-Qur'an di kuburan tidak dibenarkan kecuali Surah al-Fatihah atau doa untuk yang meninggal?

Fuad Maulani – Jakarta Pusat

Jawaban Lengkap M. Quraish Shihab:
Pada hakikatnya ketika manusia meninggal dunia, ruhnya masih tetap ada meski ruh itu telah meninggalkan jasadnya. Bahkan walau jawadnya telah punah. Kematian bukanlah ketiadaan. Ia hanya perpindahan dari alam lahir yang kita dapat rasakan dalam hidup dunia ini ke alam lain yang tidak kita ketahui di mana alam itu, walaupun beberapa ulama menamainya alam barzakh, alam kubur, atau alam apa pun namanya.

Sepanjang yang saya ketahui, tak ada penjelasan dari al-Qur'an atau Sunnah tentang keberadaan ruh di rumahnya baik sejak hari kematiannya, maupun sampai empat puluh hari, atau bahkan kapan pun. Akan tetapi, ada riwayat yang menyatakan bahwa yang meninggal mengetahui, bahkan melihat keadaan keluarganya [HR. Ahmad melalui Anas bin Malik]. Oleh karena itu, ada pesan agar "Jangan mempermalukan keluarga yang telah wafat." Baca Selanjutnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cobalah Tengok

Dartar Isi