Rabu, 30 Maret 2016

Jawaban Lengkap M. Quraish Shihab: Doa Khusus bagi Mayat

Tanya:
Dalam doa khusus bagi mayat ada bait-bait yang berbunyi: “Gantilah untuknya rumah yang lebih bagus dari rumahnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, istri yang lebih baik dari istrinya, masukkanlah dia ke surga, lindungi dia dari siksa kubur dan fitnahnya, serta lindungi dia dari siksa api neraka.” Demikian bunyinya, padahal mayat ada yang perempuan. Apakah bait di atas dapat diganti, jika mayatnya perempuan, dan apakah teks di atas sudah baku?


Marpoeji – Jakarta

Jawaban Lengkap M. Quraish Shihab:

Apa yang saudara namakan “bait-bait” di atas adalah sebagian dari salah satu doa dari sekian banyak doa yang dibaca Rasul saw dalam shalat jenazah. Doa tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim, at-Tirmidzî dan an-Nasâ’î melalui seorang sahabat Nabi yang bernama ‘Auf bin Mâlik. Bunyi lengkap hadits adalah, “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkan dan lindungi dia. Sambutlah dengan kemuliaan kehadirannya, lapangkan pintu masuknya [ke surga]. Mandikanlah dia dengan [kesucian] air, salju, dan es. Sucikan dia dari dosa-dosa sebagaimana kain putih dibersihkan dari segala noda. Gantikanlah untuknya tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya [di dunia], keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Selamatkan dia dari siksa ujian/bencana di kubur dan siksa api neraka.”

‘Auf bin Mâlik yang mendengar lalu berkata, “Sungguh [sempurna doa ini] sampai-sampai saya ingin menjadi orang yang didoakan semacam itu.” Nah, menyangkut pertanyaan Anda, ada beberapa catatan yang perlu digarisbawahi. Baca Selanjutnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cobalah Tengok

Dartar Isi