Rabu, 30 November 2016

7 Cara Konyol CIA untuk Membunuh Fidel Castro

Fidel Castro, pemimpin revolusi Kuba, merupakan musuh abadi imperialisme Amerika Serikat (AS). Dia berhasil memerdekakan sebuah negeri kecil di Kepulauan Karibia yang jaraknya hanya 300-an kilometer dari Miami.

Sejak memenangkan revolusi di tahun 1959, Fidel mendapat 638 upaya pembunuhan oleh CIA/AS. Masa pemerintahannya beririsan dengan 11 Presiden AS.

Bekas Kepala Intelijen Kuba, Fabian Escalante, mencatat setidaknya ada 600 upaya pembunuhan terhadap Fidel oleh delapan periode pemerintahan di AS.

Berbagai cara dilakukan CIA untuk menyingkirkan pemimpin berhaluan komunis itu. Hingga menyerupai adegan dalam film James Bond. Tidak sedikit dari upaya itu memakai cara-cara yang terbilang konyol.

Pertama, Bom Cerutu

Salah satu cara CIA membunuh Fidel adalah lewat cerutu. Maklum, di awal kepemimpinannya, pemimpin revolusi Kuba itu memang identik dengan cerutu dan seragam militer.

Pada tahun 1960, kotak cerutu favorit Fidel diberi bakteri Botulin. Bakteri itu bisa mengakibatkan kematian dalam hitungan detik. Beruntung, upaya itu gagal.

Tahun 1966, CIA berusaha berkomplot dengan seorang petugas polisi untuk menempelkan bahan peledak pada cerutu Fidel. Upaya ini juga gagal total.

Konon, untuk menangkal berbagai niat jahat CIA itu, pejabat Kuba membuat cerutu merek khusus, Cohiba, untuk Fidel Castro.

Tahun 1985, Fidel berhenti dari cerutu. Dia bilang itu merupakan pengorbanan untuk kesehatannya.

Kedua, Lewat Kekasih

Kekasih merupakan salah satu celah yang bisa dimanfaatkan untuk membunuh seseorang. CIA juga berusaha memanfaatkan celah itu. Baca Selanjutnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cobalah Tengok

Dartar Isi